Cara Tepat Buat Bisnis Bertahan di Tengah Wabah Corona

Wabah virus Corona menimbulkan dampak yang cukup signifikan pada sejumlah sektor dalam kehidupan berbagai kalangan masyarakat. Salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari masa pandemi ini, hingga kita harus berbondong-bondong melakukan adaptasi untuk dapat bertahan, adalah sektor ekonomi. Ya, baik pebisnis pemula maupun profesional, nampaknya benar-benar tidak menyangka harus berusaha sekeras mungkin dalam menjaga keutuhan dan keberlangsungan bisnisnya selama pandemi masih berlangsung.

Cara Membuat Bisnis Bertahan Di Tengah Wabah Corona

Selain menerapkan protokol-protokol kesehatan di setiap aspeknya, melakukan antisipasi untuk mencegah penularan antar-pekerja seperti dengan diberlakukannya WFH (Work from Home), terdapat banyak hal lain yang harus dilakukan pebisnis di tengah wabah Corona seperti sekarang ini.

Untuk cara yang tepat sendiri dalam membuat bisnis Anda bertahan di masa seperti ini, berikut kami bagikan pada Anda:

  • Mengontrol kondisi keuangan

Salah satu cara utama untuk membuat bisnis mampu bertahan di masa pandemi atau wabah adalah mengontrol kondisi keuangan. Secara Anda tidak pernah tahu bagaimana Anda bisa terus mendapatkan keuntungan, ada baiknya bagi Anda untuk terlebih dahulu berlaku hemat dengan menekan biaya pengeluaran. Walaupun begitu, pastikan untuk tetap mengutamakan asas produktivitas, sehingga setidaknya Anda bisa mewujudkan kondisi yang seimbang, dan bukan merugikan.

  • Melakukan evaluasi dan adaptasi

Jika dirasa prosedur operasionalisasi bisnis Anda cukup menyulitkan untuk tetap dilakukan sekarang, tidak ada salahnya untuk mengevaluasi dan menilik kembali jenis atau model bisnis apa yang kiranya mungkin untuk dilaksanakan secara efektif dalam waktu belakangan ini. Lebih lanjut, bentuk adaptasi yang kemudian bisa Anda lakukan adalah mempertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan lokal, menyediakan kurir pengiriman, serta menerapkan metode pembayaran berbasis digital atau online selain tunai.

  • Melakukan restrukturisasi SDM

Lagi-lagi, menjalankan bisnis di masa sulit seperti ini dapat berarti bagi membuat keputusan yang berat juga bagi para pelaku bisnis. Usahakan untuk tetap mengamankan setiap lapis SDM di waktu seperti ini, tetapi menimbang adanya restrukturisasi SDM juga dapat dilirik ketika kondisi keuangan, operasional dan lain-lain sudah tidak memungkinkan lagi. Alternatif yang bisa Anda coba adalah mengurangi gaji pegawai, merumahkan sejumlah pegawai, hingga mengurangi jumlah pegawai.

  • Menyesuaikan strategi pemasaran

Seperti yang Anda tahu sendiri, opsi dalam melancarkan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan cara offline maupun online. Dengan menyadari situasi yang banyak membatasi aktivitas Anda seperti ini, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai mempelajari, merancang dan mengaplikasikan variasi strategi pemasaran yang utamanya memanfaatkan prinsip online. Anda bisa merambah platform e-commerce, atau membagikan konten kreatif melalui beragam platform digital khas masa kini. Sebagai referensi lain, Anda juga bisa menambahkan bisnis ke dalam afiliasi bisnis besar lainnya.

  • Mencari jalan keluar darurat

Sebuah bisnis dapat dikatakan sehat jika telah dilengkapi dengan adanya dana darurat sejak awal-awal masa operasionalisasinya. Di waktu sulit seperti inilah Anda bisa memanfaatkan dana darurat untuk mendukung akomodasi kepentingan-kepentingan yang bersifat mendesak pula. Jika memang terpaksa untuk menyelamatkan bisnis Anda dalam sekali jalan, Anda bisa menggabungkan penggunaan dana darurat dengan hasil penjualan barang-barang pribadi atau perusahaan yang tak terpakai. Dengan catatan, lakukan penyesuaian terhadap kebutuhan lain pula.

  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Salah satu aspek yang tidak kalah penting untuk diupayakan keberlangsungannya dalam melakoni bisnis di tengah pandemi adalah menjaga hubungan baik antara Anda, perusahaan dan pelanggan Anda. Tentunya, Anda bisa menggunakan aplikasi per pesanan untuk terus mempertahankan citra baik dengan pelanggan yang terdapat dalam data perusahaan. Bentuk perhatian seperti ini bertukar pesan, atau pemberian hadiah atau pengalaman belanja yang lebih spesial, dapat membangun jalinan yang kuat, sehingga loyalitas dapat terjamin dengan pasar yang sudah ada.

  • Mempelajari hal baru di waktu luang

Di tengah wabah seperti ini, di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, sehingga kemungkinan untuk memiliki waktu luang yang lebih banyak juga terbuka lebar, Anda sangat disarankan untuk mempelajari hal baru dalam berbisnis di sela-sela kesibukan. Dalam hal ini, Anda bisa memperdalam pengetahuan mengenai manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, hingga meningkatkan motivasi sebagai seorang entrepreneur. Manfaat dari hal ini tentu saja adalah bekal untuk mengembangkan bisnis Anda di masa yang akan datang.

Pada akhirnya, kunci dari setiap pelaku bisnis yang ingin bertahan di tengah wabah Corona saat ini adalah mampu beradaptasi. Penting sifatnya bagi Anda untuk mampu menyesuaikan diri, baik dalam hal memulai bisnis maupun menjaga keutuhan bisnis yang telah dijalankan.

Selama wabah ini masih berlangsung, utamakan untuk menjaga kesehatan Anda dan SDM Anda terlebih dahulu, kemudian mendayagunakan sarana dan peluang lainnya yang masih bisa Anda temukan. Selain bisa mempertahankannya sekarang, bukan tidak mungkin Anda akan mampu meningkatkan kualitas dan operasionalisasi bisnis Anda ini kelak.

Share Button